Senin, 20 Juni 2011

LAPORAN PRATIKUM I

MULTIMEDIA II

AFTER EFFECT


NAMA : Emilia

BP : 0901091009

Dosen Pembimbing

Drs. Erwadi Bakar,M.Kom

Budi Bachtiar,Mm

TEKNOLOGI INFORMASI

MANAJEMEN INFORMATIKA

POLITEKNIK UNAND PADANG

2011

PRATIKUM AFTER EFFECT

A. TUJUAN

Tujuan dari praktikum dan tugas ini adalah untuk membuat animasi tulisan dengan menngunakan Adobe After Effect.

B. ALAT DAN BAHAN

Pada praktikum ini kita alat dan bahan sebagai berikut:

Alat : Laptop Acer 4732z warna hitam

Bahan : software

· Adobe After Effect

· Gom Player (dll) untuk memutar musik yang telah di edit
lagu yang di jadikan objek edit (yang diedit)

C. LANGKAH KERJA

a. Mengedit File Utama

1. Kita klik Pada desktop Adobe After Effect.

2. Pilih Composition dan pilih D1/DV PAL dan Duration yang kita inginkan.

3. Kita klik dua kali pada project dan kita pilih file yang ingin kita edit yaitu foto format jpeg, video dan file PSD yang akan kita edit.

4. Lalu kita tarik backgroud atau foto kedalan timelie.

5. Tarik gambar keatas background, pada timeline kita pilih tanda panah dan pilih rotation lalu klik maka akan keluar primarykeynya dan set seperti yang kita inginkan. Setelah kita selesai melakukan pengedita kita kunci.

6. Tarik file PSD yang berisi tulisan kedalam timeline dan letakkan diatas background dan kita edit sperti mengedit gambat diatas tapi kali ini kita menggunakan Position dan kita klik disana lalu kita set posisi seperti yang kita inginkan.

7. Setelah semuanya kita edit kita kunci.

b. Mengedit Effect

1. Untuk mengedit effect dapat kita lakukan dengan cara klik layer, pilih solid dan pilih warna backround dengan warna hitam dan OK.

2. Pilih effect paint Bucket dan edit Fill Point sesuai dengan yang kita inginkan.

3. Lalu pilih lagi new yar, solid dan effect 4- Colour Gradient lalu Blend, Jitter dan Opacitynya kita edit sesuai dengan yang kita ingikan.

4. Lalu pilih lagi new yar, solid dan effect Scale dan kita tentukan ukuran yang kita ingikan.maka akan keluar hasil sebagai berikut:


5. Setelah kita lakukan pegeditan kita lalukan pengedita video cara- cara yang kita gunakan sama dengan cara diatas tapi pada video disini kita memasukkan effect Advance Lighing dan Lens Flare.

6. Untuk melakukan pemunculan effect tersebut kita letak timeline pada garis 0 dan kita set efeect tersebut seperti cara kita menset gambar dan tulisan diatas.

7. Jika kita ingin menghilangkan effect pada timeline kita tekan tombol “T” pada keyboard dan akan keluar Capacity lalu klik pada capasity maka akan kelaur titik kunci, lakukan pengeditan ditempat pada bagian mana kita akan menghilangkan effect tersebut. Untuk menghilangkannya kita lakukan set capacity sebesar 0%.

D. KESIMPULAN

Dari langkah kerja yang kita lakukan diatas dapat kita tarik seatu kesimpulan bahwa dalam After Effect kita dapat melakukan pengedita video, foto,file Photoshop disini kita dapat menggunakan bebagai jenis effect yanag dapat kita gunakan untuk membuat animasi pada project kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar