Senin, 04 April 2011

Tugas 2

Perbedaan Pada Format-Format Audio

1. MP3
MP3 Singkatan dari MPEG , Format ini berfungsi untuk mengkompres file audio tanpa mengurangi kualitasnya, dan masing-masing level memiliki metode kompresi yang berbeda-beda.
Dengan bitrate 128 kbps, file MP3 sudah berkualitas baik. Namun MP3 Pro-format penerus MP3-menawarkan kualitas yang sama dengan bitrate setengah dari MP3. MP3 Pro kompatibel dengan MP3. Pemutar MP3 dapat memainkan file MP3 Pro-namun kualitas suaranya tidak sebagus peranti yang mendukung MP3 Pro.

2. WAV
WAV disebut dengan sebutan singkat untuk Waveform Audio , Standar suara de-facto di Windows. Hasil ripping dari CD pada awalnya direkam dalam format ini sebelum dikonversi ke format lain. Namun sekarang tahap ini sering dilewati. File dalam format ini biasanya tidak dikompresi dan karenanya berukuran besar, sehingga jarang digunakan di internet. standar format file audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM

3.SES
merupakan editor audio digital program komputer yang menampilkan kedua multitrack, campuran non-destruktif / mengedit lingkungan dan melihat gelombang destruktif-pendekatan editing, Jika sebuah file audio memiliki format seperti ini, maka file audio tersebut dapat kita edit sesuai keinginan dengan fasilitas yang ada pada program tersebut.

4. WMA
WMA disebut dengan sebutan singkat untuk Windows Media Audio, Merupakan file yang memiliki pengertian teknis kompressi yang hampir sama dengan MP3, namun membutuhkan decoder / streaming processor yang lebih tinggi diatas decodr MP3, untuk bisa maksimal memainkan file ini.
Kelebihan WMA tidak hanya itu saja. Kualitas musik yang ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Tes yang dilakukan situs Extremetech.com menunjukkan format ini juga kualitasnya lebih baik daripada AAC.
Format ini cukup populer. Peranti lunak dan peranti keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan belum seluas MP3, kendati hal ini bisa berubah dalam waktu-waktu mendatang.


5. Ogg (Ogg Vorbis)
Berbeda dengan AIFF, format ini sudah dapat dijalankan pada Windows media player, jet audio atau media pemutar lainnya. Dari segi kualitas, kelebihan Ogg Vorbis adalah kualitas yang tinggi pada bitrate rendah dibandingkan format lain.
format ini merupakan satu-satunya format file yang terbuka dan gratis. Format lain yang disebutkan di atas umumnya dipatenkan dan pengembang peranti lunak atau pembuat peranti keras harus membayar lisensi untuk produk yang dapat memainkan file dengan format terkait.


6. AIFF
AIFF disebut dengan sebutan singkat untuk Audio Interchange File Format, merupakan format file audio Machintos yang sering digunakan untuk menyimpan data suara untuk PC dan perangkat audio elektronik lainnya. Standar dari file AIFF adalah uncomressed code pulse modulation (PCM), namun ada juga varian terkompresi yang dikenal sebagai AIFF, AIFF-C atau aifc, dengan berbagai kompresi codec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar